Kamis, 21 Agustus 2014

Lidah Kucing


Akhirnya diriku muncul lagi.... ๐Ÿ˜ sebenarnya membuat kukis ini dari bulan puasa kemarin....sekitar bulan juli kalau gak salah ya. Awalnya karena banyaknya ibu-ibu yang posting tentang kue lebaran, akhirnya jadi ikut-ikutan latah deh membuat kukis juga.

Ini kukis lidah kucing pertamaku..asli baru pertama kali buat dan langsung berhasil itu....rasanya sesuatu banget ya....hehehehehe๐Ÿ˜ boleh ya ge-er dikit ๐Ÿ˜‰ kendala pertamaku waktu membuat kukis ini adalah...loyang lidah kucingku yang cuma 1 doank... ๐Ÿ˜‘ waktu baru mulai sih masih semangat untuk nungguin sampai masak baru kemudian cetak lagi...tapi lihat adonan yang cukup banyak, jadi kepikiran juga jam berapa bakal selesaiรฑya ini....secara waktu aku ngerjain ini,pada malam hari sekitar jam 7.

Akhirnya....kuakalin saja dengan memakai loyang datar yang bawaan dari ovenku. Eh ternyata bisa juga loh...hasilnya tetap bagus kok...dan senengnya lagi, anak gadisku membantu mamanya ini untuk mencetak ke loyang...๐Ÿ˜Š Dia ikutan semangat karena adonannya warna -warni....tahu sendiri kan kalau anak-anak....asal lihat yang berwarna langsung semangat,biar hasil buatannya agak penyot-penyot dikit, tak apalah ๐Ÿ˜Š

O ya..waktu mengovennya sebentar banget jadi jangan ditinggal ya..sering -sering dicheck...karena yang punyaku kemarin kubuat, sempat 2 loyang gosong..sayang banget kan๐Ÿ˜‘

Oke...langsung saja lihat resepnya dibawah ini ya..resep ini kuambil dari grup langsungenak yang kumasuki, resep buatan kak yana...ini dia.. :

Bahan :
  1. 250 gr butter/ margarin
  2. 175 gr gula castor / tepung gula
  3. 100 gr putih telur
  4. 200 gr terigu protein rendah
  5. 50 gr tepung maizena
  6. 2 sdm almond bubuk (bisa diskipp jika tidak ada ) 
Cara :
  1. Mixer margarin/butter dan gula sampai lembut, untuk semua kukis memixer mentega sebaiknya tidak lebih dari 1 menit agar kukis tidak jadi keras, itu makanya menggunakan tepung gula agar cepat tercampurnya.
  2. Tuang putih telur sedikit-sedikit, aduk rata.
  3. Ayak tepung terigu dan maizena di atas adonan mentega, tujuannya agar jangan ada tepung yang menggumpal/ agar tercampur rata dengan baik.
  4. Terakhir sekali tuangkan almond bubuk, aduk rata.
  5. Bagi adonan jadi 6, masing -masing diberi warna rainbow : ungu,biru,hijau,kuning,orange,dan merah.
  6. Masukkan adonan ke plastik segitiga, potong sedikit ujungnya, semprotkan ke dalam loyang lidah kucing secara vertikal /dari kiri ke kanan ( dan bukan dari atas ke bawah )
  7. Bisa saja atasnya diberi topping keju parut (seandainya kita membuat polos lidah kucingnya)
  8. Oven sampai matang. Ketika sudah matang, awalnya memang masih agak lembek tapi setelah dingin maka akan mengeras/krispi seperti kukis.
Selamat mencoba ya...semoga suka ๐Ÿ˜Š kalau aku dan anakku hanya suka buat tapi kalau makannya ya kurang juga...jadi lebih dikasih ke tamu yang datang bertamu ke rumah ๐Ÿ˜Š


Ini nona kecil sedang bantu mama :-) sedang menyemprotkan adonannya ke loyang datar...
Ini dia kukis buatan anakku..cantik bukan ;-)

Note :waktu aku menulis ini, aku juga memakai tanda emoticon dari ipadku...ternyata ketika dilihat dari blog malah yang muncul tanda "?" Sudah kucoba untuk kuhapus tapi tidak bisa...jadi mohon harap maklum ya...jadi sekarang aku buat emoticonnya dengan manual deh... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar