Minggu, 02 Februari 2014

Bolu Pandan kesukaanku ^_^

lagi semangat masak2...sepertinya mbah moodnya belum pergi2 ini..mungkin juga karena anakku lagi liburan imlek ya...jadi daripada beli terus lebih hemat dibuat saja..bisa untuk beberaapa hari (metode "mak irit"ku mulai bekerja ne :P ) karena papanya gloria juga tiap pagi dan sore wajib minum teh..moso' minum teh gak ada temennya, ya kan :-D

Aku dari dulu suka bolu pandan ini...harumnya pandan itu lo...hmmmm..wangi....dulu suka cari resep2nya..baik dari tabloit maupun website...tapi seringnya ada pakai daun suji campur daun pandan...ribettttt, jadinya setiap ingin makan ya..pesen ke orang dulu deh...

Tapi sekarang tidak lagi...setelah kenal mbak diah didi lewat websitenya.. www.diahdidi.com ....kini kalau mau masak apa..kiblatku pasti ke sini dulu deh..selain bahannya simpel ( bagi pemula seperti aku ini...jarang gagal kalau ikut resepnya mbah diah..jadi tambah semangat masak kalau begitu :D ) juga foto2nya menggiurkan untuk dicoba...hehehehehehe :D

Ok..ini dia resepnya yang aku copi paste dari websitenya mbak diah...semoga berguna ya :-) 

Bahan :
6 butir telur
1 sdt ovalet
225 gr gula pasir (aku kurangi jadi 210 gr )
250 gr tepung terigu dicampur dengan
1 sdt baking powder
150 ml santan dicampur dengan 
50 gr mentega dicairkan
tambahkan sedikit garam
tambahkan pasta pandan secukupnya ( aku buatnya 1sdt..tapi dilihat saja ya,kata mbak diah, waktu di adonan,warnanya memang kurang ngejreng,tapi nanti kalau sudah matang,warnanya akan lebih hijau daripada adonan awal..jadi dikira2 saja ya :) )

cara :
Kocok telur,gula dan ovalet sampai mengembang dan kental.
Masukkan tepung terigu,dikocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
Lalu masukkan campuran santan,mentega dan pasta pandan, aduk rata.
Lalu tuang ke loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu. Jika memakai loyang bulat,usahakan tinggi loyang 10cm karena bolunya akan mengembang gede
panggang sampai matang.

aku kemarin buatnya hanya 1/2 resep saja..dan hasilnya memang mengembang gede..cukup banget untuk kami yg hanya bertiga..baru habis setelah 2 hari ,pas deh... :-) ini foto bolunya..hasil buatanku...

o ya..punyaku ini pinggirannya agak berkulit karena aku suka ada kress gitu..sekedar tips untuk....kalau memanggang..apinya stabil saja dari awal ya...kalau aku kemarin, di awal kubuat api agak gede dikit, setelah mengembang, baru kukecilkan dikit (aku pakai otang/oven tangkring/oven kompor ) jadinya atasnya juga masih agak basah2 dikit (kalau aku sih suka..karena manisnya beda..menurutku ) 

kalau seandainya atas bolunya belum terlalu matang tapi bolunya ketika ditest tusuk gigi sudah matang (tandanya ketika kita tusukkan tusuk gigi lalu kita angkat,tidak ada adonan yg nempel di tusuk gigi) maka bolunya bisa dioven sedikit lebih lama atau bisa juga mengikuti saran temenku,mbak elin, yg jualan brownis( otomatis udah sering banget buat kue kan jadi sarannya patut dipertimbangkan)..caranya..bolunya tetap kita panggang sedikit lebih lama tapi dengan pintu oven dibuka sedikit selama 3 menit...besok2 kalau buat lagi,aku rencana mau coba...selamat mencoba ya... :-) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar