Kamis, 24 April 2014

BLUDER LAGIIIIII



Hehehehe…lagi?? Ya..lagii! tapiiiii kali ini dengan resep yang berbeda tentunya…kali ini resep brudelnya kuambil dari blog hesti kitchen…resep ini agak berbeda baik dari bahan maupun caranya…lebih moist rasanya....bahkan walau tak berhasil mengembang tinggi seperti punyaku..tetap saja enak…hehehehee…iya nih..brudelku tidak berhasil mengembang sempurna di tahap fermentasi ke-2nya..kemungkinan karena aku kurang sabar menunggu.

Tapi biar begitu, karena hasilnya yang tetap enak meski gagal kubuat, tetap kusimpan dulu resep ini, kapan-kapan aku mau coba lagi, dan bagi yang mau mencobanya, silakan, hasilnya memang enak kok....gagal saja enak apalagi berhasil ya…jadi ingin mengulang buatnya… 

O ya bagi yang ingin buat brudel tapi mencari tekstur yang lebih berongga seperti roti, resepnya bisa dilihat di sini

Ini dia resepnya ya :

Bahan :
1.      8 butir kuning telur
2.       2 butir telur utuh ( putih dan kuning dipakai )
3.      200 gr gula pasir
4.      400 gr terigu protein sedang
5.      200 gr margarin dilelehkan
6.      10 gr ragi instant
7.      400 ml air kelapa ( aku ganti dengan susu cair hangat )
8.      200 ml susu kental manis ( SKM )

Cara :
1.      Campur bahan kering dalam satu wadah : terigu dan ragi, aduk rata.

2.      Tambahkan air kelapa, aduk sampai rata. Tutup dengan cling wrap, fermentasikan selama 20-30 menit sampai mengembang. (tahap ini saya berhasil,adonan mengembang 2x lipat dlm waktu 30 mnt )

3.      Dalam wadah yang lain, kocok telur dan gula sampai mengembang, masukkan SKM, kocok sampai rata.

4.      Campurkan adonan telur dengan adonan terigu yang sudah mengembang tadi, aduk dengan whisk (saya hanya pakai sendok kayu ) sampai rata.
*Kalau ada mau masukin isian bisa ditahap ini dimasukkan,kemudian aduk rata.

5.      Tambahkan margarin, aduk rata.

6.      Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis-tipis. Diamkan lagi adonan selama kurang lebih 30 mnt sampai adonan mengembang 2x lipat ( tergantung kondisi cuaca setempat, bisa butuh waktu lebih..seperti saya, sudah 1 jam tapi adonan lambat naik, seharusnya saya masih menunggu lagi karena memang pernah sampai 2 jam baru naik dan mengembang tapi saya baru 1 jam dan belum terlalu naik, sudah masukkan ke oven )
*kalau mau kasih topping bisa diberikan sesaat sebelum masuk ke oven.

7.      Kemudian oven hingga matang.

Nah ini dia hasil punyaku



Tidak terlalu naik kan adonannya, namun begitu, hasilnya lembut seperti kue, jadi ya tetap enak untuk dimakan,next time akan coba lebih sabar lagi untuk menunggu benar-benar fermentasi ke-2nya agar tahu hasil akhirnya.. selamat mencoba, semoga sukses ya.

Note : info terbaru ya...kemarin ada coba lagi resep ini, kali ini lebih sabar menunggu sampai benar - benar mengembang, dan hasil akhirnya memuaskan...so...jangan takut mencoba ya... happy cooking...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar