Jumat, 31 Januari 2014

Bolu Kukus Mekar ^_^


ini dia bolu kukus mekar tanpa pemakaian air soda :-) biasanya kalau buat ini pakai sprite atau fanta yg kaleng kecil..yg terpakai hanya 1/2 kaleng..sisanya diminum..hehehehee :D untungnya ikut grup masak di facebook jadi nambah lagi deh ilmunya..mana tahu ada yang berminat..nama grupnya LANGSUNG ENAK :-)

ini resepnya ya : ( totalnya jadi 15 cup )
2 butir telur
250 gr gula pasir ( bagiku agak terlalu manis jadi kukurangi jadi 225gr saja )
1 sdt SP ( aku pakai Ovalet...sepertinya lebih lembut hasilnya )
250 gr terigu protein sedang
50 gr tepung maizena
200 cc air matang / susu bubuk yg dicairkan/ UHT / air kelapa

Caranya :
  1. kocok telur, gula, SP sampai kental ( warna putih pucat ) dengan kecepatan mixer maximal ( mixerku speed no 5 ) kurang lebih 5 menit pengocokannya (tergantung mixer masing2 ya )
  2. Tuangkan sedikit saja cairan ( aku kemarin menuangkan 1 sdm saja). kocok sampai kental berjejak ( warna adonan putih pucat dan kalau diambil adonannya tidak akan jatuh )
  3. masukkan terigu dan maizena yang telah diayak terlebih dahulu, bergantian dengan cairan.kecepatan mixer diturunkan jadi no 1 ( yang rendah )Usahakan 3x penuangan ya..jadi pertama masukkan tepung, aduk rata, kemudian cairan, aduk rata,tepung lagi,kemudian cairan,dan usahakan yang terakhir masuk adalah terigu.kocok sampai rata.
  4. jika hendak memberi warna,tinggal membagi adonan sebanyak warna yang ingin dipakai.
  5. Masukkan dalam cup sampai penuh ya..sampai ke bibir cupnya.
  6. Masukkan ke dalam kukusan, jangan terlalu banyak.misalnya kukusan muat untuk 6 cup maka yg dimasukkan hanya 3 cup saja..agar ada lobang/ tempat untuk uap panasnya keluar.Kukus selama 15 - 20 menit dengan tutup dandang diberi kain agar uap tidak menetes ke cup.


nah ini sedikit tips agar hasil bisa mekar/mekrok :
  1. Semua bahan haruslah fresh..bukan dari kulkas..jika dari kulkas..maka diamkan dulu di suhu ruang sekitar minimal 2 jam,baru dipakai.
  2. Air dalam dandang janganlah banyak, cukup 1/2 dari batas air yang ditentukan.
  3. Dandang sudah terlebih dulu dipanaskan ketika kita sudah mulai memixer adonan. Tutup dandang belum ditutupi kain.
  4. Biarkan saja dandang tetap beruap jika sudah mendidih sedangkan adonan belum selesai, api jangan lagi diutak atik agar stabil suhu panas yg keluar.
  5. Masukkan cup,tutup dialasi kain.tunggu sampai masak. angkat langsung cupnya..lalu tambahkan lagi air kukusan sebanyak yg pertama tadi.biarkan mendidih dulu beberapa saat ( tutup kukusan tidak ditutup kain ) baru kemudian masukkan cup berikutnya sebanyak jumlah yg pertama.tutup kukusan dialas kain lagi. begitu seterusnya sampai adonan habis.


Jika pada kukusan pertama ada yg mekar dan yg tidak mekar, maka pada kukusan yg kedua coba untuk mengurangi 1 cup.. setelah bolu kukus dingin, masukkan dalam wadah kedap udara,agar tetap lembab..kemarin punyaku dapat bertahan 3 hari :-)

Selamat mencoba ya..semoga berhasil juga :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar