Minggu, 09 Februari 2014

BRUDEL , bolu tepuk-tepuk :-D


mengapa kubilang bolu tepuk-tepuk ? Karena adonannya harus dipukul-pukul biar mengembang dengan baik :-D karena ini resep jadul, dimana dulu di jaman orang tua belum ada mixer canggih, jadi ya masih memakai cara manual..dan karena aku hanya dapat turunan resep jadi ya ngikut saja, tapi kalau sudah memiliki mixer yang bisa mengaduk adonan untuk roti, ya gak perlu ditepuk-tepuk adonan ini, cukup tetap dimixer sekitar 15-20 menitan. 

Kalau makan brudel enaknya ditemani dengan teh atau kopi...maknyusss :-D brudel ini teksturnya tidak seperti cake biasa ya..separuh ringan dan separuh padat...heheehehe...susah ngejelasinnya...bagusnya nyoba sendiri saja ya ;-)

Ini dia resepnya :
Bahan- bahan :
  1. Mentega 125 gr
  2. Gula 125 gr
  3. Telur 5 butir
  4. Vanili 1/4 sdt
  5. Ragi 1 1/2 sdt
  6. Tepung terigu protein sedang 250 gr
  7. Susu kental Manis 1/4 kaleng ( kurang lebih 100 ml ) 
Caranya :
  1. Kocok telur dan gula sampai tercampur rata dan hingga mengembang dengan mixer kecepatan tinggi ( kalau mixer minyako milikku itu no.5)
  2. Masukkan mentega, kocok rata
  3. Tambahkan vanili dan sedikit garam ( agar rasa tidak terlalu eneg )
  4. Turunkan kecepatan mixer ke no 1 , tambahkan susu kental manis, aduk rata.
  5. Matikan mixer. tambahkan terigu dan ragi( yang sudah terlebih dulu dicampur dan diayak) secara perlahan, sambil tangan kita menepuk-nepuk adonan agar tercampur rata, adonan haruslah tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental. Kalau masih encer, bisa ditambahkan 3 sdm tepung terigu. Tepuk-tepuk adonan itu caranya kita ambil adonan lalu kita tepukkan ke adonan yang di wadah, seperti sedikit melempar.lakukan sekitar 15-20 menit ( lama? iya :-D )
  6. Kemudian tuang ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung, ratakan dengan sedikit menepuk-nepuk loyang agar jangan ada udara yang mengendap dalam loyang.loyang ditutupi dengan kain atau tutup yang lain.
  7. Diamkan hingga adonan mengembang. Bisa 1 jam, bisa juga lebih lama..semuanya tergantung pada suhu ruangan kita ( jika di daerah dingin, otomatis akan lebih lama).
  8.  Setelah mengembang, baru kemudian dipanggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu.
Brudel ini bisa diberi isi atau garnis...jika hendak memasukkan keju/kismis/kacang kenari, maka ketika kita menepuk-nepuk adonan, kita masukkan juga keju/kismis/kacang kenari agar ikut tercampur rata. kemudian ketika adonan sudah mengembang, bagian atasnya bisa kita taburkan keju/kismis/kenari, baru dipanggang.

supaya kismis tidak turun ke bawah adonan, maka sebelum dimasukkan ke adonan, kismisnya ditaburi terigu.

Brudelnya juga bisa kita ganti jadi bewarna coklat, dengan mengganti susu kental manisnya dengan yang coklat, terigu yang 250 gr, kita kurangi jadi 225gr kemudian tambahkan 25 gr coklat bubuk. Tinggal variasi saja :-)

selamat mencoba....semoga berhasil :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar