Senin, 14 April 2014

Ice Cream, Roti Manis & Bolu Pisang in 1 Place

Setelah 2 bulan gak mood mau nulis lagi..akhirnya datang juga semangat ini :D Tapi belum full banget makanya 3 resep ini ditulis dalam 1x post saja...gak apa2 lah yang penting sudah ada niat ya # ngeles.com :D 

Ini adalah Ice cream homemade alias dibuat sendiri..baru 1x buat tapi sudah lumayanlah.. Aku dapat resepnya dari grup LangsungEnak ( LE ) di facebook, yang ngasih resep namanya mbak chen chen ( tetep ya, menghargai si pemberi resep yang sudah mau sharing, wajib deh dicantumkan narasumber resep kita :) ) next time mau coba buat dengan resep yang lain biar ada perbandingan mana yang paling oke ;) Kalau yang kedua, itu roti manis dengan berbagai isi, tentunya isi disesuaikan dengan kesukaan orang rumah...baru 1x coba juga, resepnya kucontek dari blognya mbak Hesti kitchen, hasilnya langsung oke, jadi langsung kupatenkan saja jadi resep andalanku untuk kedepannya ;)  nah kalau yang ketiga, itu kue kukus pisang tanpa mixer,dapat resepnya dari LE juga. Ceritanya aku baru dapat pisang kepok 1 sisir, jadi ya sebagian dibuat kue selain direbus dan digoreng serta dibuat nuget pisang juga :)

Oke, kita simpan resepnya dulu biar bisa dicontek kapan-kapan  :)

RESEP ICE CREAM HOMEMADE

Bahan:
  1. 1/2  kaleng susu kental manis ( SKM), seperti : indomilk, frisian flag,carnation, dll ( bisa yang putih atau coklat, tergantung mau buat es krim apa :) )
  2. 1 kaleng air putih (kaleng bekas SKM )
  3. 300 ml susu cair ( bisa susu bubuk yang diberi air hingga 300 ml atau pakai susu UHT)
  4. 1,5 sdm ( agak membukit ya ) SP (bisa juga pakai ovalet atau TBM, aku pakai yang merk Koepoe-koepoe )
Cara :
  1. SP ditim, caranya, letakkan sp dalam mangkuk kecil kemudian letakkan mangkuk sp tadi dalam panci yang sudah diisi air tapi tidak banyak, ketinggian air hanya 1/2 dari tinggi mangkuk sp tadi agar ketika mendidih, airnya tidak masuk ke dalam mangkuk. Letakkan panci di kompor, didihkan air, dan lelehkan sp-nya. Kalau sudah, matikan. Tunggu dingin sp-nya bisa juga dengan cara mangkuk sp diletakkan dalam wadah yang berisi air dingin agar sp cepat dingin.
  2. Campur semua bahan jadi 1 dalam 1 wadah. Termasuk sp yang sudah dingin tadi. kemudian mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 40 menit.
  3. Kalau hendak memberi topping/ rasa, misal mau kasih remahan oreo ( oreonya dihancurin boleh kasar / halus tapi gula oreonya disisihkan biar tidak kemanisan) atau pasta rasa ( strawberry/coklat) sekaranglah dikasihnya, mixer atau aduk sebentar agar rata. Kemudian dinginkan ke dalam kulkas yang bagian atas / freezer kurang lebih 1 malam ya...sampai mengeras seperti es krim. bentuknya akan lembut.
Tips :
  • Kalau terjadi ada endapan ketika kita mengeruk es krim sampai ke bawah wadah, maka kita tinggal memixer ulang es krimnya sampai dia tercampur rata dan agak naik adonannya. Ini bisa terjadi karena kekuatan mixer tiap merk berbeda. Kalau yang pakai mixer philips, sekali mixer langsung jadi kalau pakai miyako ( seperti aku ) ya terpaksa 2x mixer deh, tapi hanya 10 menit saja kemudian bekukan lagi sekitar 4-6 jam, dan hasilnya juga lebih halus lo :)

RESEP ROTI MANIS 
Bahan :
  1. 400 gr tepung protein tinggi ( cakra/kreta kencana/gunung )
  2. 200 gr terigu protein sedang ( kompas/bromo/segitiga biru ) atau tetap pakai tepung protein tinggi.
  3. 120 gr gula pasir halus ( aku menghaluskan dengan memblender)
  4. 1 sachet ragi instan ( 11 gr)
  5. 2 sdm susu bubuk
  6. 3 kuning telur
  7. 1 sdt garam halus
  8. 75 gr margarin
  9. 225 - 230 ml air hangat
Filling / Topping : Keju diparut/ Kismis dipotong kecil agar mudah lengket ke adonan/ Coklat batang dipotong2
Olesan : 2 kuning telur diaduk dengan 3 tetes air putih/susu cair
Cara :
  1. Campur semua bahan kering ( terigu, gula, susu bubuk, ragi ) ke dalam 1 wadah, ayak supaya tidak berbutir-butir.
  2. Masukkan kuning telur lalu mulai mengocok menggunakan mixer spiral ( kalau tidak kuat mixernya ya pakai tanga :D ), masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus dimixer sampai adonan kalis ( tidak lengket di tangan dan permukaan adonan sudah mulai halus/licin). masukkan garam dan mentega sambil terus dikocok sampai elastis ( kalau adonan ditarik tidak akan putus )
  3. Fermentasikan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup dengan kain lembab ( kalau aku, pakai tutup teflon yang kaca kebetulan diameternya sama dengan wadahku ) dan diletakkam di tempat yang bersuasana hangat ( bisa dekat rice cooker :D ). setelah mengembang 2x lipat,sekitar 30 mnt tapi bisa juga 1 jam ;) kempiskan adonan. 
  4. Timbang adonan @ 40 gr ( kalau saya main asal ambil saja makanya jadi besar-besar :D ) kemudian mulai dengan mengisi lalu dibentuk sesuai selera.
  5. Kemudian letakkan adonan yang sudah dibentuk di loyang yang sudah dioles tipis margarin, tutup dengan kain, biarkan mengembang lagi sekitar 45 menit, kemudian olesi dengan kuning telur, panggang dengan suhu 200'c atau 400'f kurang lebih 10 menit ( aku pakai oven tangkring/kompor jadi main kira-kira saja waktunya,sekitar 15 mnt kalau aku ) sampai kuning kecoklatan. 
  6. Angkat, panas-panas olesi dengan butter. 

RESEP KUE PISANG KUKUS TANPA MIXER
Bahan kering :
  1. 200 gr terigu serbaguna ( aku pakai segitiga biru )
  2. 150 gr gula pasir ( kemudian kublender agar halus )
  3. 50 gr gula palem ( bisa diganti gula pasir )
  4. 2 sdt baking powder
  5. 1 sdt baking soda
  6. 1/4 sdt garam
  7. 1/2 sdt kayumanis bubuk ( sebagai perasa,aku karena gak ada jadi diskip )
Bahan cair :
  1. 175 ml minyak goreng
  2. 4-6 buah pisang ( kepok/tanduk/ambon yang masak/sudah kematangan juga gak apa-apa) 
  3. 3 butir telur dikocok lepas
Cara :
  1. Bahan cair : pisang dipotong-potong lalu campur dengan minyak, blender sampai halus, kemudian tambahkan kocokan telur, blender lagi sampai tercampur rata.sisihkan.
  2. Campur rata bahan kering, ayak, masukkan ke dalam bahan cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dari bawah ke atas.
  3. tuang ke dalam cetakan. kukus sampai matang.

selamat mencoba :-)

Ini penampakan rotiku, agak terlalu kecoklatan ya..karena baru pertama kali manggang jadi waktu masih warna kuning cerah takut gak masak, ternyata memang seharusnya saat kuning begitu langsung diangkat saja, tapi ini juga syukurnya tidak sampai gosong :-)


Nah ini penampakan bagian dalam rotiku, kelihatan lembutnya kan :-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar