Senin, 14 April 2014

brownis kopi tanpa mixer ^_*

tanggal 8 Maret kemarin adalah ulang tahun kakakku yang ada di bandung, biarpun kita terpisah oleh jarak, terpikir untuk memberinya hadiah spesial. karena dia penyuka kopi maka kubuat saja brownis rasa kopi tanpa memakai mixer. simpel caranya tapi enak rasanya..setelah itu kuupload gambarnya di facebook agar dia dapat melihat :)

Ini dia resepnya ya :
Bahan :
  1. 200 gr terigu serba guna ( aku pakai tepung segitiga biru )
  2. 40 gr coklat bubuk ( kalau mau putih, tinggal diganti dengan tepung maizena/ terigu )
  3. 1 sdt baking soda
  4. 1/2 sdt garam
  5. 2 sdm milo ( kalau buat adonan putih tinggal diganti dengan susu bubuk atau diskip saja )
  6. 200 gr gula pasir dihaluskan dengan diblender
  7. 2 butir telur
  8. 200 ml minyak goreng
  9. 1 sachet kopi instant ( aku pakai luwak white cofee ) dilarutkan dalam 200 ml air ( bisa diganti susu cair/ UHT )
Cara :
  1. panaskan kukusan dengan api kecil
  2. Campur jadi satu semua bahan kering ( terigu, coklat bubuk, baking soda,milo dan garam ), ayak
  3. Kocok telur dan gula sampai gula larut ( bisa pakai whisk/garpu/mixer :) ) 
  4. Masukkan bahan kering ke dalam kocokan telur bergantian dengan minyak dan larutan kopi, caranya : masukkan 1/2 bahan kering; aduk rata; masukkan 1/2 minyak; aduk rata; masukkan 1/2 susu; aduk rata; masukkan sebagian dari sisa bahan kering; aduk rata; masukkan sisa minyak; aduk rata; masukkan sisa larutan kopi; aduk rata; terakhir masukkan sisa bahan kering; aduk rata.
  5.  Tuang adonan ke loyang yang telah dioles tipis minyak dan ditaburi tipis-tipis terigu, kukus dengan api kecil dan tutup kukusan dialasi dengan kain agar nantinya permukaan kue tidak bergelombang atau terbelah. Untuk tahu sudah masak atau belum pakai test tusuk gigi saja ya, kalau sudah tidak lengket lagi berarti sudah matang. kalau dengan besaran kueku itu aku ngukusnya sekitar 40 mnt.
Tips :
  • kalau ingin ditengahnya ada dikasih selai rasa apa saja, caranya setelah kue dingin, masukkan kulkas sebentar agar gampang membelah kuenya,kemudian olesi dark coklat yang sudah ditim atau selai rasa apa saja lalu satukan lagi kuenya.
  • dengan resep ini kita bisa membuat kue wortel dengan mengganti milo dengan susu bubuk dan kopi dengan UHT.Lalu saat menuang bahan kering yang terakhir, tambahkan juga wortel parut yang sudah diperas airnya sebanyak 50 gr dan keju sebanyak 60 gr ( untuk menghilangkan bau wortelnya,kalau tidak suka bau wortel ya :) )
Selamat mencoba :-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar